5 Cara & Tips Mencegah Kanker Ovarium

Artis cantik Feby Febiola terkena kanker ovarium. Meski demikian ia tetap berusaha tabah dan terus berjuang melawan kanker ovarium tersebut. Banyak perempuan juga takut terkena kanker ovarium. Sayangnya, kanker seringkali tidak terdeteksi pada tahap awal.

Umumnya, perempuan divonis kanker ketika keadaannya sudah memasuki fase lanjutan. Karena seringkali para wanita tidak menyadari adanya gejala yang timbul. Untuk itu, penting bagi perempuan mencegah kanker sejak dini. Seperti mengonsumsi makanan yang sehat, rajin check up ke dokter. Dilansir dari Firelands berikut 5 cara mencegah kanker ovarium.

1. Rajin olahraga dan diet seimbang
5 Cara & Tips Mencegah Kanker Ovarium
Buatlah jadwal olahraga rutin setiap minggu serta melakukan diet seimbang. Dengan berolahraga 30 menit setiap hari, Anda dapat mengurangi risiko kanker ovarium hingga 20%. Selain itu, cobalah makan makanan yang sehat dan mengonsumsinya juga untuk menurunkan risiko terkena kanker ovarium. Konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, telur, dan makanan lain yang mengandung vitamin D. Selain vitamin D, konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, sayuran hijau, dan kentang.


2. Gunakan kontrasepsi oral

Perempuan yang menggunakan kontrasepsi oral dapat menurunkan risiko kanker ovarium hingga 50%. Semakin lama obat digunakan, semakin rendah risiko kanker ovarium. Namun, kontrasepsi oral belum tentu cocok untuk semua perempuan. Jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda lebih dulu untuk melihat apakah ini yang terbaik untuk Anda.

3. Menghindari karsinogen

Karsinogen adalah zat yang mampu menyebabkan kanker. Orang dengan riwayat keluarga atau mutasi genetik lebih rentan mengidap kanker ovarium jika terlalu sering menggunakan produk yang mengandung zat tersebut.

Umumnya, produk yang mengandung zat karsinogen adalah produk makeup seperti bedak (termasuk bedak bayi), makeup, dan deodoran vagina. Menghindari produk-produk tersebut dapat menurunkan risiko kanker ovarium.

4. Kehamilan dan menyusui

Wanita yang melahirkan setidaknya satu anak terutama sebelum memasuki usia 30 memiliki risiko lebih rendah terkena kanker ovarium. Risiko ini lebih rendah untuk setiap anak yang dilahirkan oleh seorang wanita. Tidak hanya itu, tetapi wanita yang menyusui anak-anak mereka juga memiliki risiko lebih rendah terkena kanker ovarium.

5. Gaya hidup yang sehat

Menghindari rokok juga dapat menurunkan risiko kanker ovarium, bahkan kanker lainnya. Selain itu, batasi konsumsi alkohol setidaknya 3 kali seminggu. Menjaga pola makan yang sehat serta berolahraga secara teratur juga dapat mengurangi risiko kanker ovarium.

Posting Komentar

0 Komentar